Baznas Sulut salurkan hewan kurban bagi Kaum Duafa

Manado, odcnews.Com- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara Jumat 31 Juli 2020 salurkan bantun kurban kepada kaum duafa

Dengan sentuhan semangat berkurban program yang dertajuk “Bahagia Berkurban” dengan dilakukannya penyerahan hewan kurban sebanyak 15 ekor sapi lewat panitia kurban yang tersebar di beberapa masjid di Sulut.

Dari total 15 ekor sapi, 4 ekor diantaranya berasal dari program Zakat Community Development (ZCD) Baznas RI, 2 ekor disalurkan di Kampung Pesantren Desa Talawid Kabupaten Sangihe Talaud dan 2 ekor dilakukan penyembelihan langsung di RPH (Rumah Potong Hewan) Bailang untuk disebar di beberapa tempat yang sudah dalam bentuk daging potong dengan area pendistribusian yaitu Kampung Mayondi Kombos, Kampung Air Jatuh Malalayang,Kampung Loreng Bailang, para penyandang disabilitas dan kaum dhuafa lainnya.

Sementara 11 ekor lainnya yang merupakan bantuan dari Bank SulutGo dan para Muzakki didistribusikan di beberapa tempat yaitu :

  1. Musholah Al Faiz Perkamil malendeng
  2. Masjid At taufik Tumumpa
  3. Masjid Daruddjannah mahawu
  4. Masjid AlKautsar Bailang/Loreng
  5. Masjid Alhikmah Lahendong Pandu
  6. Masjid Attaubah Rutan Malendeng
  7. Masjid As Solihin Dendengan
  8. Masjid Asmaul Husna malalayang
  9. Masjid Baitul Khoir GPI Mapanget
  10. Masjid Al Muhajirin Malalayang
  11. Masjid Al Ijtihad Maasing

Di sela kegiatan acara tersebut, ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan menyatakan pada tahun ini Baznas kembali melaksanakan program pembagian hewan kurban baik yang berasal dari perorangan (muzakki) ataupun bantuan hewan kurban yang berasal dari perusahaan.

Bahkan untuk biaya operasional pemotongan hewan kurban, Baznas Sulut juga mendapat bantuan dari Bank Indonesia KPW Sulut. Kedua jenis bantuan tersebut berada di bawah payung program Baznas Sulut yaitu “Sulut Peduli”.

“Alhamdulillah tahun ini Baznas Sulut kembali diberikan kesempatan untuk menyampaikan amanah menyalurkan bantuan hewan kurban,” Ujar Abid.

Lebih lanjut mengenai Program “Sulut Peduli”, Sosok yang akrab disapa Aba ini menjelaskan program ini merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak 4 tahun lalu yang bersinergi dengan Pemprov Sulut.

Tahun ini, dengan jumlah hewan kurban yang dialokasikan kepada masyarakat berjumlah 15 ekor dan jika sudah dalam bentuk potongan daging sapi ada sekitar 2000 lebih kantong daging sapi.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Abid menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya dan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Sulut lewat Bank SulutGo, Bank Indonesia dan para muzakki yang telah menjadikan program ini sebagai agenda rutin tahunan Baznas Sulut.

Ia pun menyatakan bantuan ini tentunya akan memberikan nuansa tersendiri bagi masyarakat di tengah pandemi covid yang sampai sekarang belum berakhir.

“Bantuan ini merupakan program tahunan yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Namun demikian, saya terus mengimbau kepada para muzakki (pemberi zakat) dan beberapa perusahaan terus menjaga sinergisitas untuk bisa membantu kaum dhuafa , imbuh Abid.

Dirinya berharap bantuan hewan kurban dari Baznas dapat menambah suka cita masyarakat dalam merayakan Idul Adha ditengan ujian pandemi covid. (yudi)