Catatan Debat Gubernur Sulut 2020 “Misi Bertolak Belakang Dengan Hasil Capaian Kinerja Selama Menjadi Bupati”

Manado, odcnews.com- Ada beberapa catatan dalam debat pasangan calon pemilihan gubernur Sulut yang dilaksanakan di Makatete Hills, Kabupaten Minahasa, Kamis (5/11/2020) kemarin.

Antara apabila Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menjadi Gubernur, dia akan mewujudkan kepemimpinan strategis hingga manajemen terbaik dalam pelayanan publik.

Misi dan visi ini disampaikan Christiany Paruntu pada debat Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Gubernur.

Namun, janji Paruntu ini sedikit berbeda dengan capaian kinerja pelayanan publik saat menjadi Bupati Minahasa Selatan selama ini.

Ada beberapa data yang menjadi rekam jejak untuk ditelusuri, antara lain seperti data yang diperoleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut, saat Tetty menjabat bupati, pelayanan publik di daerahnya pernah mendapat rapor merah dari Ombudsman RI Perwakilan Sulut pada Februari 2020.

Penilaian Ombudsman ini berasal dari 52 produk layanan.

Minsel sendiri mendapat skor 31,14 alias tidak memuaskan.

Bahkan ada Perangkat Daerah hanya mendapat poin 5

Kemudian data hasil rillis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI terhadap indeks Pelayanan Publik tahun 2019 yang diukur pada unit pelayanan publik di Kabupaten / Kota.

Hasil Indeks Pelayanan Publik Kabupaten Minahasa Selatan tidak memuaskan.

Dan Adapun Indeks Pelayanan Publik Kabupaten Minahasa Selatan dengan skor 2,84 dan/atau Nilai C.

Hasil capaian Indeks Pelayanan Publik kabupaten Minahasa Selatan itu sangat rendah bila dibandingkan dengan hasil capaian kinerja pemerintah provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Olly – Steven dengan skor 3,65 dan/atau Nilai B.(Luki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.