Deklarasi AA-RS, Kandou Ajak Generasi Muda Hayati  Pancasila

Manado, odcnews.com-Memaknai Pancasila dalam kehidupan kita bukan hanya dengan sekedar kata-kata dari lima sila yang ada dalam  Pancasila merupakan

pandangan hidup, way of life, yang perlu diamalkan oleh kita semua termasuk generasi milenial yang mulai melupakan makna Pancasila.

Hal tersebut di utarakan, Drs Steven OE Kandouw saat menghadiri kegiatan deklarasi Andrei Angouw SE – Ricard Sualang  (AA-RS) Kamis (01/10/2020).

Kadou mengatakan,  bahwa kehebatan Indonesia saat ini tidak lepas dari sejarah panjang dialektika berbangsa dan bernegara, yang membuat Bangsa Indonesia semakin teruji, terasa, hingga terbentuk semangat persatuan Indonesianya.

Menurutnya, satu diantaranya adalah peristiwa 30 September yang melahirkan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Lanjutnya, meski tidak sedikit yang mempertanyakan peristiwa tersebut, tidak bisa dipungkiri ketika itu Garuda sedang sakit sekarat, dan melewati peristiwa kelam yang banyak menyeret energi bangsa hingga hari ini.

“Namun ada satu hal yang sangat esensi bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup tertap bertahan dan menang dalam menghadapi berbagai gelombang berbangsa dan bernegara,” ungkap Cawagub Sulut yang berpasangan dengan Cagub Olly Dondokambey SE ini.

Dia menambahkan terlepas dari segala kontroversi tersebut, generasi muda diharapkan untuk lebih peka dan menghayati makna dan nilai Pancasila.

“Ini adalah momen di mana kita semua, terutama generasi muda untuk menghayati nilai-nilai Pancasila yang tidak lekang oleh waktu di segala Zaman,” tutur Kandouw dalam peringatan hari kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2020.

(yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.