Gubernur Olly Dondokambey Jadikan Cagar Budaya Waruga Kuwil Sebagai Kawasan Wisata

Minut, odcnews.com – Kawasan  Cagar Budaya Waruga di Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), di jadikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey sebagai Kawasan Wisata Budaya. Pembangunannya pun sudah mulai dilakukan. Ditandai dengan Peletakan Batu Pertama Penataan Pembangunan, yang dilakukan oleh Gubernur Olly, Kamis (13/8/2020) pagi.

Olly mengatakan Bendungan Kuwil dibangun dan selalu memperhatikan sisi budaya.

Karena itu, kata Olly, dari awal sudah disiapkan konsep pembangunan Bendungan Kuwil  termasuk membangun kawasan wisata cagar budaya waruga.

Budaya, menurut gubernur, tidak boleh dilupakan.

“Dari awal memang kita tidak lupakan identitas Sulut. Karena kalau tidak tahu (budaya) berasal dari mana, susah itu,” ujarnya.

Ini dibuat untuk generasi penerus. “Agar supaya generasi kita tetap melihat bagaimana budaya Sulut,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Sungai Wilayah Sulawesi I, Bastari dalam laporannya mengatakan target untuk pembangunan Bendungan Kuwil selesai pada tahun 2021. Di mana, progres hingga saat ini telah mencapai 75 persen.

“Bendungan Kuwil dilakukan pembangunan mulai tahun 2016. Mudah-mudahan tahun depan bisa diselesaikan pembangunan,” ujarnya.

Bendungan ini memiliki manfaat sebagai pengendali banjir di Kota Manado.

“Kami harapkan tidak terjadi lagi banjir seperti waktu lalu di Manado,” tukasnya.

Lebih jauh dikatakannya, di lokasi Bendungan Kuwil terdapat sejumlah waruga. Makanya, dilakukan penataan sehingga menjadi suatu tempat wisata budaya.

“Ada 87 waruga makam para leluhur,” sebutnya.(chs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.