Guna Ketahanan Pangan Daerah, Olly Berhasil  Ujicoba Panen Padi  Varitas Lokal Super

Minahasa,odcnews.com- Selang jangka waktu selama tiga bulan, Majelis Pekerja Harian ( MPH) yang di ketuai Olly Dondokambey SE, bekerjasama dengan Tani Kakas Raya (TKR) melakukan panen padi varitas lokal super win dengan luas 5 hektare bertempat di desa touliang Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa, Senin (05/10/2020) siang tadi.

Nampak Calon Gubernur Sulut yang di Usung PDI Perjuangan tersebut, merasa senang karena di lokasi yang sama, padi yang dipanen tersebut merupakan padi bibit unggul yang di tanam nya pada tiga bulan yang lalu, “Padi ini ditanam oleh pak Olly dengan masa waktu 107 hari, dan hari ini pak Olly yang memanennya. Hal ini membuktikan kepedulian pak Olly mulai dari menanam sampai panen,” ungkap Ketua Tim Kelompok Tani Kakas Raya,  Pdt Lucky Rumopa MTh.

Kepada wartawan Olly mengungkapkan bahwa hasil komuditas lokal ini cukup lumayan penghasilanya lihat saja hanya dalam waktu 3 bulan suda bisa di panen.

“Kualitas padi lokal superwin ini adalah kualitas lokal yang bisa menghasilkan cukup untuk mempertahankan ketahanan pangan daerah apalagi pandemi saat ini, Serta juga akan berdampak baik pada perekonomian petani, seperti panen ini sebanyak 11,2 ton gabah kering yang akan menghasilkan sekitar 6 ton beras. Jadi dalam sebulan bisa sampai Rp20 juta,” jelas Olly yang pada panen ini secara simbolis mengoperasikan mesin perontok padi saat memanen.

Turut hadir pada kegiatan,Bupati Minahasa,Royke Roring, Ketua DPRD dan Minahasa Glady Kandouw, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Minahasa, dan para kelompok tani se-Kakas.(yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.