Hidup tanpa Narkoba, BNNP Sulut dan Pemprov Sulut Bakal Gelar Lomba Tari Kabasaran.

Manado – odcnews.com – Mungkin ini hal yang baru demi melestarikan budaya seni tradisional daerah Sulawesi Utara, atas kepedulian tersebut, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Provinsi Sulut dibawah pimpinan Brigjen Pol Drs Jeffry V Lasut MM bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Jenry Sualang SPd MAP, bakal menggelar Lomba Tari Kabasaran atau lebih di kenal dengan Tari Cakalele, yanmasih dalam rangkaian memperingati HUT ke-75 RI.

Dengan mengangkat tema hidup100persen, Sadar-Sehat-Produktif dan Bahagia, Tanpa Narkoba, akan di gelar Lomba ini dan dilaksanakan pada 28-29 Agustus 2020, bertempat di Halaman Kantor BNNP Sulut Jl 17 Agustus Manado.

Panitia Lomba Tari KABASARAN menyiapkan hadiah sebesar Rp 22 juta bagi 3 Tim Pemenang yang mendapat penilaian dari Juri Lomba.

Adapun syarat Lomba berupa; Setiap peserta wajib mengirimkan video Tarian KABASARAN sebelum tanggal 27 Agustus 2020. Video ini berlatar belakang Pemandangan Alam/Obyek wisata yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu, peserta yang hadir pada Lomba Tari KABASARAN dilarang membawa dan mengkonsumsi minuman keras, bahkan selama lomba berlangsung, panitia penyelenggara menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 19 Agustus 2020 dengan menghubungi sdr Gorby (081342199327) dan Roy K (085298050675).

Diketahui, Tari KABASARAN merupakan tarian perang tradisional masyarakat Minahasa. Tarian ini masih terus dilestarikan dan dijaga keberadaannya oleh masyarakat Minahasa dan sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara adat, penyambutan, pertunjukan seni, dan festival budaya.

Tarian KABASARAN juga mengalami variasi dan kreasi agar lebih menarik saat ditampilkan dalam pertunjukan, akan tetapi tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai tarian perang tradisional Minahasa. (yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.