Jemput Bola Pemerintahan OD-SK Genjot Lulusan SMA dan SMK Masuk Sekolah Kedinasan

Sulut – ODCNews.com
Upaya Pemerintah Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Steven OE Kandou dalam mengatasi persoalan terutama di dunia pendidikan dimasa pandemi Covid-19.

Salah satu trobosan yang di tempuh Pemerintah Sulut, sesuai arahan Gubernur Olly, agar Dinas terkait yakni Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi agar bisah mendorong siswa-siswi lulusan Tahun ini untuk dapat masuk pada sekolah-sekolah kedinasan yang saat ini tengah membuka lowongan mencari siswa-siswi baru.

Demikian penuturan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E Kandouw yang ditemui di Lobi Utama Kantor Gubernur, Kamis (25/03/2021).

Menurut Kandouw banyak sekolah kedinasan yang saat ini sampai bulan depan yang sedang dibuka mencari siswa baru karenanya Para siswa harus dapat diarahkan agar dapat berkompetisi untuk menepati posisi-posisi yang ada.

“Hari ini arahan dari pak Gubernur supaya dinas pendidikan mendrive pada para kepala sekolah SMA maupun SMK agar supaya membimbing anak-anak kita supaya mendaftar sekolah- sekolah kedinasan, seperti Akpol, Akmil dan banyak sekali sekolah kedinasan yang sampai saat ini sedang dibuka pendaftarannya,” ujar Wagub Kandouw.

Wagub Kandouw mencontohkan seperti sekolah Kedinasan IPDN yang semula lulusan SMA sederajat hanya dapat diterima sekitar 15 siswa namun saat ini dengan adanya pendampingan yang dilakukan Pemerintahan ODSK dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini dapat mencapai 40 sampai 50 siswa yang berhasil diterima.

“Untuk sekolah kedinasan lain juga maunya pak Gubernur itu harus dibimbing paling tidak disosialisasikan agar dapat menempati sekolah kedinasan baik di lingkungan kementerian keuangan, kementrian perhubungan yang memiliki sekolah kedinasan agar dapat diisi siswa-siswi lulusan dari Sulut,” harap Wagub Kandouw yang didampingi Asisten III Setdaprov Sulut Gammy Kawatu bersama Kaban Keuangan Jefry Korengkeng.

“Besok saya harap hal ini harus langsung disosialisasikan baik melalui cabang-cabang dinas untuk Kepala-kepala sekolah supaya mendorong anak-anak kita untuk mendaftarkan diri disekolah-sekolah kedinasan ini,” beber Wagub Kandouw.

Berikut Daftar Sekolah Kedinasan :

  1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
  2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
  3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
  4. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  5. AKMIL (Akademi Militer)
  6. AAL (Akademi Angkatan Laut)
  7. AAU (Akademi Angkatan Udara)
  8. AKPOL (Akademi Kepolisian)
  9. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
  10. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)
  11. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)
  12. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
    (yudi/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.