JG – KWL Bakal Lawan Kotak Kosong

Minut – PDI Perjuangan mengincar kemenangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Utara (Minut) 2020. Partai berlambang banteng moncong putih dinilai paling siap menatap kontestasi.

Bahkan sebelumnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Minut Denny Lolong mengutarakan jagoannya Joune Ganda – Kevin William Lotulung berkemungkinan melawan kotak kosong pada pesta demokrasi masyarakat Minut.

Pengamat politik, Stefanus Sampe, Ph.D., mengatakan, konstalasi politik di Minut saat ini sangat menarik. “Dari sejak awal muncul banyak nama, kini mulai mengkerucut menjadi tiga. Ketiga nama tersebut adalah Joune Ganda (JG), Sompie Singal, dan Shintia,” kata dia.

Menurut akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini, pasangan JG-KWL yang paling siap. “Dari ketiga pasangan ini menurut saya yang kelihatan sudah sangat siap adalah pasangan yang diusung dari PDI Perjuangan,” beber lulusan S2 Public Policy Australian National University.

Dia menuturkan, pasangan yang diusung Partai Golkar Sompie Singal dan Joppie belum memenuhi syarat sebagai partai pengusung karena hanya memiliki 4 kursi saja.

“Begitu juga dengan Sintia Rumumpe yang baru mengantongi 5 kursi dari Partai Nasdem. Selain itu, sampai saat ini belum memantapkan langkah untuk menggandeng pasangan atau wakil,” ujarnya.

Lulusan S3 Government University of Canbera ini menambahkan, karena ketidaksiapan dua paslon yang diusung Golkar dan Nasdem, ada kemungkinan PDIP akan berhadapan dengan kotak kosong.

“Semua bisa terjadi dalam politik. Selalu dinamis. Bisa berubah-ubah. Semua partai punya strategi masing-masing. Tinggal dilihat bagaimana loby-loby politik selama sebulan ini dimainkan. Semoga Pilkada Minut berjalan lancar. Politik santun tetap menjadi cerminan dari seluruh masyarakat Minahasa Utara,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.