Jumpa Warga Talaud, Olly Tawarkan Progam Perikanan Export ke Jepang

Talaud-odcnews.com-Setiba lawatan dari pulau jawa calon petahana Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengunjungi pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud. Secara khusus Olly datang bersama Istri Rita Dondokambey Tamuntuan dan Ketua DPRD Sulut dr Andi Silangen untuk bertemu dan berbaur dengan masyarakat Pulau Miangas, Kamis (29/10/2020) siang ini.

Olly dan rombongan tiba di Bandara Miangas sekitar pukul 09.30 WIT. Saat tiba bandara yang diresmikan oleh Presiden Jokowi dan Olly Dondokambey pada Oktober 2016 itu, Olly disambut dengan prosesi adat Talaud oleh sejumlah tetua adat setempat.

Kedatangan Olly di pulau terluar Sulawesi Utara itu untuk menjawab kerinduan warga yang ingin bertatap muka langsung dengan calon Gubernur yang dikenal merakyat tersebut di sambutan hangat warga setempat.pun sudah terlihat sejak awal.

Olly beberapa kali berhenti dari kendaraan, kemudian turun untuk bertegur sapa langsung dengan warga dan membagikan masker. Ibu Rita Tamuntuan juga pro aktif membagikan masker dan memberikan edukasi terkait pencegahan penularan covid-19.

“Saya sangat bahagia dan berterimakasih atas sambutan hangat dan keramahan masyarakat Miangas,” ujar Olly.

Keramahan dan rasa kekeluargaan ini menambah semangat Olly untuk terus mendukung dan membantu peningkatan ekonomi masyarakat Miangas. Terlebih pesisir pulau Miangas memiliki potensi perikanan dan hasil kelautan yang luar biasa besar, sehingga akan menopang perekonomian Sulut.

“Pembangunan di Miangas bagi kami adalah prioritas karena ini adalah beranda terdepan Sulawesi Utara dan NKRI. Kami sudah memperbaiki infrastruktur jalan dan pelabuhan, agar akses perekonomian masyarakat semakin maju ke depan,” jelas Olly.

Kepada para nelayan, Olly menyiapkan banyak program untuk dijalankan. Termasuk membantu pemasaran ikan dari Miangas untuk diekspor ke Jepang.

“Nanti ikan-ikan dari Miangas akan kita ekspor juga ke Jepang, karena sekarang torang sudah buka penerbangan kargo langsung dari Manado ke Jepang. Ini akan terus kita tingkatkan karena orang Jepang, Korea, Tiongkok sangat menyukai komoditas-komoditas dari Sulawesi Utara,” jelas Olly.

Selain itu, Olly juga akan membantu akses permodalan bagi para nelayan Miangas, agar usaha perekonomian masyarakat pesisir semakin baik lagi. Bantuan modal ini untuk mendorong sektor UMKM yang pada akhirnya menjadi penopang ekonomi daerah bahkan nasional.

Miangas adalah pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina. Tercatat ada 235 Kepala Keluarga yang hidup menetap di daerah ini.(yudi/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.