Kabar Baik,Lebih 1 juta Lowongan CPNS 2021, Siap menanti, Seperti ini Persyaratan nya?

Jakarta – odcnews.com
Berita gembira bagi para pencari kerja khususnya yang berkeingina menjadi Pengawai Negeri Sipil (PNS) di karenakan Lebih dari 1 juta lowongan CPNS 2021 dan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 akan segera dibuka. Untuk lulusan SMA sederajat, pada tahun ini setidaknya ada 8 Formasi yang dapat Anda pilih.

Untuk rincian data formasi serta instansi mana yang akan dibuka untuk seleksi CPNS 2021 untuk saat ini masih di godok. Namum pengumuman data formasi CPNS 2021 diharapkan dapat terlaksana pada akhir Maret.

“Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Andi Rahadian.

Adapun Delapan Formasi CPNS 2021 untuk CPNS diantaranya yakni

  1. Kemenkumham
  2. Kejaksaan Agung
  3. Kementrian LHK
  4. Kementan
  5. Kemendikbud
  6. Badan Intelijen Negara
  7. BNN
  8. BASARNAS

Hampir setiap tahunnya pasti selalu tersedia formasi jabatan untuk lulusan setingkat SMA. Berkaca pada seleksi-seleksi di tahun sebelumnya, yakni pada CPNS 2017, CPNS 2018, dan CPNS 2019, bahkan tercatat ada begitu banyak instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA.

Dengan demikian, pada tahun 2021 juga kemungkinan besar ada formasi untuk lulusan SMA. Beberapa instansi yang pasti buka formasi lulusan SMA adalah Kejaksaan Agung, Kemenkumhan, Kementerian LHK, BNN, Kementerian Pertanian, Kemendikbud, bahkan Badan Intelijen Negara atau BIN.

Adapun Syarat Pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA/SMK/MA:

Berkelakuan baik

Bebas narkoba Warga Negara Indonesia (WNI)

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI

Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun

Tidak pernah dipidana (dengan pidana penjara) karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap

Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri maupun diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota kepolisian RI, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan swasta

Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PNS, Prajurit TNI atau anggota Kepolisian RI

Bukan siswa ikatan dinas pemerintah

Memiliki nilai dalam ijazah atau NEM, SKHU dan lain-lain yang setara dengan ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dengan rata-rata minimal 7.00 (tujuh koma nol nol)

Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat kegiatan politik praktis

Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang disyaratkan

Dinyatakan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI maupun wilayah negara lain. (yudi/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.