Kerawanan Bencana di Sulut Sangat Tinggi, Seperti apa Gebrakan PMI Sulut

Sulut – ODCNews.Com
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey membuka kegiatan Musyawarah Kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulut yang dilaksanakan di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Senin (8/3/2021).

Musyawarah Kerja PMI Sulut yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 itu, turut dihadiri Wakil Gubernur yang juga Ketua PMI Sulut Steven O.E. Kandouw, perwakilan PMI Pusat Bidang Organisasi Muhammad Muas, dan anggota PMI yang ada di kabupaten/kota.

Olly dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua PMI pusat Jusuf Kalla yang telah merespons surat permintaan dari Pemprov Sulut terkait bantuan bagi PMI dalam melaksanakan tugas kemanusiaan di Sulut.

“Apa yang menjadi keinginan Provinsi Sulut terhadap PMI pusat dapat membantu kelengkapan sarana prasarana PMI di Sulut,” katanya.

Olly juga meyakini bahwa keterlibatan PMI pusat bagi daerah Sulut merupakan gambaran terciptanya hubungan yang baik antara Pemprov Sulut dan PMI Sulut.

“Tentunya ini suatu hal yang baik kerjasama antara pemerintah dan PMI Sulut dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Olly mengingatkan peran PMI di bidang kemanusiaan ditengah-tengah masyarakat Sulut sangat dibutuhkan apalagi mengingat Sulut berada di garis lintang bencana artinya kerawanan bencana di Sulut ini sangat tinggi sehingga PMI selain menyediakan donor darah juga mempersiapan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Inilah peran serta PMI di tengah-tengah penderitaan masyarakat apabila ada bencana,” ungkapnya mengapresiasi peran kemanusiaan PMI Sulut selama ini.

Sementara itu terkait musyawarah ini, Olly menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada ketua PMI Sulut yang telah merangkai kebijakan-kebijakan yang baik bagi kebutuhan masyarakat serta mengharapkan agar pengurus PMI yang nantinya terpilih untuk bisa melanjutkan apa yang telah dijalankan selama ini.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada peran pak Wagub sekaligus ketua PMI yang selama ini begitu intens merawat kerjasama PMI Sulut dan PMI pusat,” sahut Olly.

“Saya harapkan juga pengurus PMI yang baru tentunya meneruskan apa yang sudah digariskan, yang sudah dibawa oleh pengurus lama,” lanjutnya.

Dia juga menjelaskan bahwa kedepannya Pemprov Sulut akan mempersiapkan ruangan khsusu di Rumah Sakit Umum Daerah Sulut bagi PMI dalam rangka kerjasama pemerintah dan PMI bagi kebutuhan masyarakat.

“Mari sama-sama kita bekerja untuk masyarakat Sulut agar supaya masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah, kehadiran PMI di tengah-tengah mereka yang menghadapi bencana,” tutup Olly.

Diketahui, musyawarah kerja PMI Sulut berlangsung selama dua hari dimulai dari tanggal 8 sampai 9 Maret 2021. (yudi/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.