Pacu Ekspor Perikanan, Gubernur Olly Jalin Kerjasama Dengan Garuda

Manado, odcnews.com – Aktivitas sektor perikanan Sulawesi Utara terus digenjot volumenya. Bukan hanya skala lokal dan nasional tetapi merambah internasional.

Upaya itu dipacu Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar produk perikanan Sulut dapat memenuhi permintaan pasar dengan menembus negara potensial seperti Jepang dan China.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Gubernur Olly dengan Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di kediamannya, Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (7/9/2020).

Untuk kelancaran ekspor tuna, Pemprov Sulut, menjalin kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia. Harapannya dapat mempercepat distribusi produk perikanan Sulut ke negara tujuan dengan menggunakan pesawat tipe A 330 200.

Adapun rute yang digunakan bisa direct flight Manado-Jepang atau Manado-China lewat jalur lain yaitu Manado-Jakarta- Jepang, Denpasar-Manado-Jepang atau Makassar-Manado-Jepang.

Produk perikanan Sulut baik ikan tuna, ikan segar, frozen dan smoke akan diangkut dengan pesawat tipe A 330 200 yang dapat mendarat di Bandara Sam Ratulangi. Ke depan seiring dengan pengembangan bandara diharapkan pesawat berkapasitas lebih besar yaitu tipe A 330 300 juga dapat mengangkut produk perikanan Sulut ke luar negeri.

Selain itu, Bandara Sam Ratulangi juga akan menjadi transit produk perikanan dari daerah sekitar Sulut yaitu Provinsi Maluku Utara, Papua, Gorontalo dan Maluku sebelum dieskpor ke luar negeri.

Dalam pertemuan tersebut hadir juga GM Garuda Indonesia Manado Mac Fee Kindangen, Sales & Service Manager Agny Gallus Pratama dan jajaran Direksi Citilink.

“Dengan memanfaatkan maskapai Garuda, yang rutin melayani penerbangan di kedua negara tersebut, maka ekspor tuna akan berkelanjutan. Hal ini juga sebagai upaya memutus mata rantai pengiriman, yang harus singgah di sejumlah negara untuk transit,” sebut Olly.(luki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.