Pameran Lukisan Virtual 2020 Disbud Sulut Dapat Respon Baik Warga Netizen

Manado, odcnews.com- Gelar Pameran Lukisan Koleksi Museum dan Pelukis Sulut 2020 resmi di dibuka. Hajatan yang dibuka Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut ini, Jenry Sualang SPd MAP, mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. Menapilkan hasil karya Anak Daerah dengan berbagai ciri khas kearifan lokal Sulawesi Utara.

Dalam pameran yang berlangsung di ruangan Aula Disbud sebanyak 25 karya lukis yang ditampilkan di Pameran Lukis 2020 ini. Karya-karya lukis ini dipajang dan dipamerkan selama 6 hari terhitung tanggal 29 Juli hingga 03 Agustus 2020.

Dalama sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.yang di bacakan Kadis Kebudayaan Daerah Provinsi Jenry Sualang SPd MAP. Mengatakan Gubernur Olly memberi apresiasi Dinas Kebudayaan Daerah yang turut memajukan kualitas hidup masyarakat, bahkan melibatkan para seniman, pelukis ataupun perupa lintas generasi se-Sulut di ajang Pameran Lukisan tahun 2020.

Gubernur Olly pun menyebut bahwa ajang Pameran Lukisan ini merupakan pertama dilakukan secara virtual, sekaligus merupakan Pameran Terakbar di Sulut selama ini, karena selain menampilkan lukisan-lukisan koleksi Museum dari para Perupa asal Sulawesi Utara, juga hasil karya lukisan terbaik dari para pemenang lomba lukis virtual kategori SD, SMP, SMA/SMK/sederajat dan Umum yang baru saja dilaksanakan Disbud Daerah Sulut.

Ditandai dengan Pemungkulan Tetengkoren pameran ini mendapat respon yang baik bukan hanya Masyarakat Sulut bahkan Nasional hingga Internasional banyak melirik hasil karya lukisan yang di pamerkan secara virtual tersebut.

Selain itu, Gubernur berharap dan meminta masyarakat Sulut ataupun para netizen agar boleh menghargai karya-karya seniman Sulut.

“Salah satu cara menghargai karya para seniman lukis yaitu bernegosiasi dengan para pelukis dan membeli hasil karya mereka sehingga kita sama-sama ikut meringankan para pelukis daerah yang terdampak Covid-19,” ajak Gubernur seperti dikutip Kadis Kebudayaan Jenry Sualang.

Gubernur Olly juga berharap ajang Pameran Lukis inipun dapat menjadi obat penawar kerinduan bagi para perupa dan dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas, menjaga serta merawat kearifan lokal pada masyarakat melalui lukisan koleksi museum.

Menurut Gubernur Olly, bidang kebudayaan memilIki peran penting mensukseskan program dan kegiatan pembangunan daerah.

Untuk itu, visi pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Utara 2016-2021 diarahkan pada terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya.

“Oleh karena itulah, saya mengajak kita sekalian untuk senantiasa menyatukan langkah dalam upaya-upaya pelestarian seni dan budaya daerah Sulawesi Utara. Ayo, jangan pernah berhenti berkreasi dan berkarya bagi daerah serta mendukung program dan kegiatan Pemerintah dalam pembangunan sektor kebudayaan, yang kesemuanya diarahkan untuk masa depan kita,” tutup Gubernur Olly

Para seniman Sulut di pameran ini membawa hasil lukisan mereka sesuai kreasi, persepsi dan apresiasi seni mereka dan juga lukisan aktivitas Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Lukisan aktivitas pak Gubernur Olly Dondokambey SE di masa Pandemi Covid-19 ini akan dinilai oleh para Netizen melalui halaman FB Museum Sulut. Pemenangnya akan mendapat hadiah,” kata Kadis Kebudayaan Jenry Sualang.

Pembukaan Pameran Lukis Koleksi Museum dan Pelukis Sulut dihadiri Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulut Merry Karouwan, Bidang Dinas Kebudayaan Kabupaten dan Kota, para pelukis dan jajaran Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut.(*/yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.