Pelantikan Pasangan ODSK Bergeser Senin Awal Pekan Depan

Sulut – odcnews.com
Setelah menetapkan hari yang tepat Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) terpilih di Pilgub 2020, Olly Dondokambey SE dan Drs Steven OE Kandouw (OD-SK) yang bergeser dari hari Jumat 12 Februari 2021, kini berpindah dan dipastikan dipastikan jatuh pada hari Senin (15/02/2021) awal pekan depan.

Sesuai jadwal yang didapat media ini, pelantikan dan penyerahan SK akan dipimpin Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Presiden di Jakarta mulai pukul 09:00 WIB.

Seperti biasa sebelum pelantikan dilakukan gladi resik hingga tradisi kirab menuju Istana yang dipimpin langsung Presiden Jokowi bersama para gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Benar sudah resmi dilantik Senin awal pekan ini, tadi pak Asisten 1 dan protokol sudah rapat bersama pihak sekretariat kepresidenan melalui rapat daring,” ungkap Karo Pemerintahan Pemprop Sulut Jemmy Kumendong saat dikonfirmasi, Kamis (11/02/2021).

Sementara itu mengingat masih pandemi covid, para kepala daerah wajib melakukan test PCR atau swab sehari sebelum pelantikan.

Pun undangan sangat terbatas untuk gubernur dan wagub hanya keluarga dekat yaitu istri bersama anak. Dan untuk pejabat daerah yang diundang hanya Ketua DPRD propinsi bersama Sekretaris Daerah propinsi.

Adapun pada pelantikan ini selain Olly-Steven, juga ada 3 gubernur dan wakil gubernur terpilih, yang akan dilantik yaitu:

Pasangan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan, pemenang Pilkada Kalimantan Utara, pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina, pemenang Pilkada Kepulauan Riau dan pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir pemenang Pilkada Sulawesi Selatan.

Sesuai tradisi yang dibangun Presiden Jokowi, prosesi upacara pelantikan dimulai dari Ruang Kredensial, Istana Merdeka.(yudi/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.