Penentuan Pjs Gubernur Kewenangan Kemendagri, Sekprov Silangen berpeluang

Manado, odcnews.com – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulut kabarnya mulai  digodok Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Pasalnya pasca Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (Olly-Steven) resmi mendaftar kembali sebagai Cagub-Cawagub di Pilgub 2020 ini, maka keduanya akan cuti terhitung mulai 26 September hingga 05 Desember 2020.

Sesuai regulasi yang ada, Kemendagri RI yang berwenang mutlak dalam penentuan Pjs gubernur,  telah menggodok nama-nama pejabat eselon 1 yang akan melaksanakan tugas selama 71 hari masa kerja.

Informasi resmi wartawan odcnews.com sejumlah putra daerah dengan berpangkat eselon 1 punya kans kuat untuk mengisi jabatan tersebut.

Nama Sekprov Edwin Silangen, SE, MS, mantan Dirjen Imigrasi RI Ronny Franky Sompie, S.H M.H dan Deputi Bidang Hukum dan Perundangan Kementerian BUMN RI Drs. Carlo Brix Tewu mencuat sebagai calon Pjs Gubernur Sulut.

Silangen akan bersaing dengan Sompie dan Tewu yang merupakan Dua jenderal namun dari beberapa sumber meyakini Silangen menjadi kandidat kuat yang patut diperhitungkan karena memiliki kualitas yang mumpuni dan tahu persis keadaan di Pemprov Sulut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang dikonfirmasi mengatakan itu bukan kewenangannya.

“Itu kewenangan Kemendagri,” jawab Gubernur Olly yang dikonfirmasi awal pekan ini.(marhaen)

Leave a Reply

Your email address will not be published.