Petahana Sulut, Resmi di Lantik, Produk Rumahan UMKU Sulut semakin Menggeliat

Sulut – ODCNews.com
Pandemi Covid-19 diIndonesia memukul hampir semua sektor. Tak terkecuali usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

UMKM begitu berperan dalam Perekonomian Nasional, khususnya di masa Covid-19. Saat ini terdapat lebih dari 64 juta UMKM. Di mana 97 persen dari penyerapan tenaga kerja nasional.

Hal tersebut mendorong para perempuan yang tergabung dalam satu wadah yang menamakan Perempuan Tangguh Penggiat Ketahanan Ekonomi Keluarga (PETAHANA) Sulawesi Utara yang Sabtu (13/03/2021) dilantik Gubernur Sulut yang diwakili Kadis Koprasi Sulut Ir.Ronald Sorongan MSi di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut dengan Mengikuti Protokol Covid -19.

Dalam sambutan Sorongan menyampaikan selamat atas dilantiknya pengurus yang baru, ini merupakan hal yang baik dalam memulihkan sektor Ekonomi Sulut karena UMKM merupakan satu pilar ekonomi bangsa, terutama disaat masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Dampak krisis ini berimbas ke berbagai sendi ekonomi keluarga terutama bagi para kaum ibu yang kesehariannya sebagai IRT

” Kami merasa sangat terbantu hadirnya wadah seperti Petahana semoga bisa menjadi sprit baru untuk pelaku UKM yang ada di Sulut, terutama bagi kaum ibu yang punya usaha rumahan yang tidak tau cara memasarkan produk yang akan dijual di saat pandemi seperti ini.” Ujar Sorongan.

” Untuk itu kemitraan antara Petahana dan Pemerintah Sulut harus terus di bangun agar sinergitas ini bisa berjalan baik seperti yang di cita-citakan.” Pungkas Sorongan pula.

Sementara itu menurut Direktur Utama Petahana Widya Masengi, ST.M.Ars, hadirnya wadah Petahana Sulut ini, didasari dari rasa kecemasan para kaum ibu, dihadapkan situasi pandemi Covid-19 yang secara tidak langsung berpengaruh perekonomian rumah tangga, disisi lain banyak keahlian dan usaha rumahan para kaum ibu ini belum terangkat ke permukaan terbentur dalam soal modal dan cara pamasarannya penjualan nya.
” Kami merasa bersyukur atas kehadiran Pemeritah Sulut yang sudah menerima dan memberikan dorongan dan kemudahan bagi wadah Petahana Sulut, semoga ini merupakan langka maju bagi kami kaum ibu yang punya usaha rumahan untuk ikut menggeliatkan kembali sektor Ekonomi Sulut terutama UMKM di tengah Pandemi Covid-19.” Ujar istri Ketua Basnas Sulut Abid Takalamingan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan para anggota Petahana Sulut dan Seminar singkat yang mengangkat tema “Bangkit Bersama UMKM Sulut, PETAHANA mengabdi untuk Negeri, yang di pandu oleh DR. Hi. Radhya Hasan Jan SE Msi ( Wakil Rektor II IAIN Manado) dengan nara sumber Kadis Koperasi Sulut, Ronald Sorongan MSi, Kadis Disperidag Sulut Drs. Edwin Kindangen, M.Si, Kabid Pengarusutamaan Gender DP3A Ane Tambalean, Perwakilan Bank Indonesia Ganang Suryo Anggoro, Bank Sulut Go Fitri Tuwaidan, dan Ketua Basnas Sulut Abid Takalamingan.

Selain itu ada pula mini bazar yang di ikuti para pelaku usaha rumahan yang menjual berbagai aneka produk baik itu kuliner khas Sulut, fashion, souvenir dan berbagai produk rumahan lainnya. (yudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.