Rillis Hasil Survey LSI KCI, Elektabilitas Olly – Steven 68, 1 Persen Dan Sulit Dikalahkan

Manado, odcnews.com – Dalam Deklarasi Pasangan Calon Kepala Daerah Sulawesi Utara Olly Dondokambey – Steven Kandouw (Olly – Steven ) di Hotel Peninsula Manado pada 2 September 2020 lalu, Olly yang juga sebagai ketua DPD PDI Perjuangan Sulut dalam sambutan politiknya mengatakan mereka optimis menang 80 persen di pilkada 9 Desember 2020 nanti.

Optimis Olly yang juga incumbent Gubernur Sulawesi Utara ini sangat beralasan karena berdasarkan hasil Survey yang dirilis dari beberapa lembaga survey, elektabilitas pasangan calon Olly – Steven dari hari ke hari semakin tak terbendung dan meninggalkan jauh pasangan calon lainnya.

Seperti hasil survey yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) KCI Network di Hotel Aston Manado, Minggu (13/9/2020) yang di paparkan Adji Alfarabie dan Ikrama Masloman.

Direktur LSI KCI Adji Alfarabie dan Ikrama Masloman ini menjelaskan bahwa survei dilaksanakan pada 22-29 Agustus 2020 dan menggunakan sampel sebanyak 800 responden, dengan margin of error 3,5 persen.

“Menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner,” tegas Ikrama yang juga peneliti LSI KCI.

Lebih lanjut dikatakan Ikrama, survey itu dilaksanakan pada enam kantong pemilih besar yaitu pemilih milenial, emak-emak atau ibu rumah tangga, pemilih Muslim, Pemilih Protestan, pemilih terpelajar dan pemilih sesuai etnis terbesar.

Dalam Hasil survey ini, kata Ikrama, menempatkan pasangan calon Olly – Steven dengan tingkat elektabilitas di angka 68,1 persen dan sulit dikalahkan pasangan calon lainnya.

Sedangkan pasangan calon Christiany E Paruntu (CEP)- Sehan S Landjar (SSL) hanya 16,9 persen.

Dan pasangan Vonnie A Panambunan-Henry Runtuwene paling rendah elektabilitas karena hanya memperoleh 7,2 persen.

Sisanya 7,8 persen belum menjawab dan belum memiliki pilihan.

Dalam tiga bulan sebelum Pilgub Sulut, elektabilitas Olly – Steven jauh di atas pasangan lain. “Bedanya di atas 40 persen,” kata Ikrama.

Lebih lanjut ditambahkan Adjie Alfarabie bahwa Di beberapa daerah, kalau setiap 10 responden maka yang memilih Olly – Steven itu 7-8 responden.  Bahkan di Dapil Bolmong Raya dan Minsel Mitra, Olly – Steven sulit ditaklukkan karena di atas pasangan calon lainnya (judi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.